Aries Club17 Official Website | Blogger Members area : Register | Sign in

Tahukah Kamu

Global Hawk, Pesawat Pengintai Tanpa Awak Paling Canggih di Dunia

Senin, 18 Oktober 2010

Share to :
+1

Salah satu pesawat penelitian terbaru milik Badan Ruang Angkasa AS (NASA) meluncur melintasi Samudera Pasifik dalam misi selama 24 jam untuk mempelajari atmosfer Bumi. Pilot pesawat canggih ini duduk di kursi kantor di ruangan tanpa jendela kawasan Mojave Desert, memonitor penerbangan pesawat Global Hawk melalui layar-layar monitor komputer.

Memiliki ciri khas badan gemuk, moncong hidung seperti paus, mesin berada di atas dan ekor bentuk V, Global Hawk memiliki diameter panjang 13,3 meter dan bentangan sayap 35 meter atau hampir sama panjangnya dengan sayap milik pesawat terbaru Boeing 737. Mampu membawa lebih dari 500 kg instrumen ilmiah, Global Hawk bisa beroperasi pada ketinggian 20 km dan tahan selama 30 jam saat terbang menempuh jarak lebih dari 20.000 km.



Global Hawk didesain untuk terbang pada ketinggian ekstrem, pengamatan dalam durasi panjang dan misi intelijen bagi AU. Dalam proses pengembangannya, ada tiga versi yang dibuat oleh NASA. Bulan ini NASA mulai menguji coba salah satunya untuk pertama kali dengan penerbangan di atas kawasan luas Pasifik, untuk mendemonstrasikan manfaat ilmiah dari pesawat tanpa awak tersebut. “Pesawat ini tak pernah digunakan oleh kelompok sipil dan tak pernah digunakan untuk penelitian ilmiah Bumi,” jelas David W. Fahey, fisikawan dari National Oceanic and Atmospheric Administration.






Terima kasih banyak atas kunjungan teman-teman Blogger ke blog saya yang sederhana ini. Selamat membaca dan jangan lupa untuk berkomentar dibawah ini.
Dukung Artikel Blog ini dengan cara klik icon disamping ini >> Dukungan

0 komentar:

Posting Komentar

 
+1