Aries Club17 Official Website | Blogger Members area : Register | Sign in

Tahukah Kamu

Inilah Satu-satunya Burung Beracun di Dunia

Jumat, 27 Mei 2011

Share to :
+1
Ternyata ada juga burung beracun di Bumi ini, konon katanya burung beracun ini hanya ada satu jenis di dunia yang bernama Hooded Pitohui. Burung Hooded Pitohui ditemukan di Papua Nugini, pertahanan mereka terhadap pemangsa yang walaupun sederhana tapi menakjubkan adalah mereka beracun.



Pitohui memakan beberapa jenis kumbang yang mengandung neurotoxin kuat dan mengandung alkaloid yang dikenal sebagai batrachotoxin (racun yang juga ditemukan pada kulit dari Katak Panah Beracun Amerika Selatan).

Dengan makan kumbang, burung-burung menjadi beracun, toksin mereka terdapat pada bulu dan kulit. Mereka benar-benar dikenal oleh penduduk setempat sebagai “burung sampah”, karena toksisitasnya membuat tidak mungkin untuk dimakan kecuali kulit dan bulu mereka dicabut.


Menyentuh Hooded Pitohui dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan, kulit terbakar dan bersin, seperti yang dilaporkan oleh para ilmuwan yang menangani makhluk itu, sedangkan memakan mereka mungkin akan jauh lebih berbahaya.

Untuk memperingatkan sifat toksisitasnya, burung ini memiliki warna terang oranye dan warna hitam yang memungkinkan calon predator untuk mengenalinya. Dan diyakini bahwa Hooded Pitohui dapat menggosok toksin pada telur dan anaknya untuk melindungi mereka dari predator.

Sumber :
koleksiweb.com
Terima kasih banyak atas kunjungan teman-teman Blogger ke blog saya yang sederhana ini. Selamat membaca dan jangan lupa untuk berkomentar dibawah ini.
Dukung Artikel Blog ini dengan cara klik icon disamping ini >> Dukungan

1 komentar:

Cingkleung mengatakan...

yang bilang burung ni burung sampah adalah kurang bijak.
Pertama : Tuhan menciptakan segala sesuatu tidak ada yang sia2.
kedua : di dalam burung itu tersimpan rahasia besar, hanya saja keterbatasan pengetahuan qt tdk dpt mengungkapnya.
ketiga : orientasi fikiran qt jangan makan melulu,hanya hewan yang sllu berfikiran spt tu, qt ni manusia makhluq berfikir......,oke..... okelah kbgtu

Posting Komentar

 
+1