Info Jatim Official Website | Blogger Members area : Register | Sign in

Tahukah Kamu

Tips Agar Sukses Membuat Kue Lebaran

Senin, 22 Agustus 2011

Share to :
+1

Ariesclub17 - Kue kering yang juga sering disebut cookies berasal dari kata koekie yg artinya small cake. Bahan dan cara pembuatan kue kering memang tidak jauh berbeda dengan cara membuat cake. Meskipun begitu, di Indonesia sebutan cookies malah menjadi kue kering karena rasanya yang memang renyah dan kering.
Pemahaman bahan dan karakternya akan membantu menciptakan kue kering yg lezat. Teknik pembuatan kue juga akan banyak menolong saat menemukan kegagalan waktu membuat kue kering.

Tepung
Tepung yang dipilih biasanya berprotein rendah atau tepung serbaguna (all purpose flour). Selain terigu, kadang kita memakai tepung ketan, tepung kanji, tepung maizena, atau hunkue. Apapun tepung yang dipilih, tepung berfungsi yang sama yaitu membangun struktur kue dan sebagai pengikat bahan-bahan yang digunakan dalam kue.

Gula
Gula yang digunakan bisa gula pasir, gula palem, tepung gula dan brown sugar (gula caramel). Gunanya untuk memberi rasa manis dan memberi warna pada kue. Kue yang gulanya sedikit akan pucat rasanya. Penggunaan gula halus dan kasar akan menghasilkan kue yang berbeda. Gula halus akan memudahkan kita dalam pembuatannya karena cepat hancur. Kue yang dihasilkan pun teksturnya akan lebih halus, sebaliknya kue yang menggunakan gula pasir, kue akan renyah hasilnya

Lemak
Baik lemak hewan (mentega) maupun lemak tumbuhan (margarine) bisa digunakan, tetapi minyak atau mentega putih juga oke dibuat kue kering. Umumnya orang mencampur mentega dan margarine, tujuannya bukan cuma menghemat biaya tetapi juga membuat kue tidak hancur.

Lebih baik menggunakan mentega unsalted (tidak asin) karena aromanya lebih menonjol dan lebih kaya. Suhu mentega yang dipakai harus suhu ruang, bila suhu mentega terlalu dingin atau terlalu panas hingga menjadi berminyak, udara tidak bisa masuk kedalamnya. Lemak membuat kue empuk dan tahan lama.

Telur
Telur yang dipakai bisa kuning telur, putih telur atau keduanya. Kue yang menggunakan kuning telur saja akan lebih empuk, sebaliknya bila menggunakan putih telur saja akan menjadi keras. Penambahan telur untuk memberi kelembapan, nilai gizi sekaligus membangun struktur kue. Telur juga sering dipakai untuk memoles, untuk mengilatkan kue.

Bahan lain
Salah satunya adalah susu bubuk (walau kadang dipakai juga susu cair, susu segar atau susu kental manis). Susu bertujuan untuk memberi rasa, aroma dan nilai gizi. Rempah-rempah juga sering ditambahkan untuk menambah aroma. Ada juga bahan tambahan lain seperti buah kering, cokelat bubuk dan aroma (seperti pasta cokelat, moka, atau esens buah-buahan).


Bahan pemuai
Soda Kue
Soda kue membuat remah kue kering jadi gelap warnanya, tetapi soda kue juga bisa mengontrol kegosongan gula. Hati-hati pada jumlah pemakaiannya. Terlalu banyak soda membuat kue terasa seperti sabun.

Baking Powder
Baking powder adalah campuran antara soda kue, cream of tartar dan tepung. Perbandingannya sekitar 1:2:1. Tujuan penambahan ini membuat kue kering lebih renyah dan memperlebar kue kering.
Terima kasih banyak atas kunjungan teman-teman Blogger ke blog saya yang sederhana ini. Selamat membaca dan jangan lupa untuk berkomentar dibawah ini.
Dukung Artikel Blog ini dengan cara klik icon disamping ini >> Dukungan

0 komentar:

Posting Komentar

 
+1