Info Jatim Official Website | Blogger Members area : Register | Sign in

Tahukah Kamu

Tangan Kanan dan Tangan Kiri

Minggu, 18 Oktober 2009

Share to :
+1



Tangan kanan mempunyai kelebihan bagi pencernaan karena salah seorang peneliti di inggris membandingkan tangan kiri dan kanan. Dan hasilnya ternyata tangan kiri lebih banyak kuman yang merugikan. Dan sebaliknya tangan kanan didiami bakteri yang berguna bagi pencernaan tubuh kita. Maka Nabi kita Muhammad SAW mengatakan “makanlah dengan menggunakan tangan kanan.”

Sebuah penelitian menyatakan bahwa otak manusia terdiri atas 2 belahan otak, yaitu belahan tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda. Walau demikian setiap orang memiliki kecenderungan dominan pada salah satu otak tersebut. Maka kondisi itu menyebabkan fungsi belahan otak yang lainnya menjadi lemah, yang menyebabkan kemampuan berfikir menjadi berkurang.

Otak bagian kiri mengatur pergerakan dominan dari bagian kanan tubuh. Dan otak bagian kanan mengatur pergerakan dominan dari bagian kiri tubuh. Orang yang dominan otak sebelah kiri (tangan kanan) memiliki kemampuan berhitung (numerik), nalar sistematis yang lebih bagus dan dapat melihat suatu masalah, biasanya menganalisa masalah secara mendalam dan terperinci. Sedangkan orang yang dominan otak sebelah kanan (tangan kiri) memiliki kemampuan abstrak yang lebih bagus, penguasaan seni dan bahasa, ekspresif perasaan yang baik dan biasanya lebih kreatif karena bisa menggunakan ke 2 tangan secara aktif (kalau orang kidal biasanya dari kecil di latih juga menggunakan tangan kanan).

Cara berfikir otak kiri (tangan kanan) bersifat logis, linier/searah, rasional, sistematis dan detail. Sedangkan cara berfikir otak kanan (tangan kiri) bersifat acak, tidak teratur, intuitif, dan menyeluruh.

Fungsi tangan kanan dan kiri :
Tangan kanan dan kiri berperan aktif pada otak kanan dan kiri pada anak, dimana pada otak kiri merangsang perkembangan otak kanan, begitu sebaliknya otak kanan merangsang otak kiri,. Dan peranan otak kiri maupun otak kanan sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan anak.


Kelebihan tangan kanan dan kiri :
Sebenarnya tidak ada kelebihan/perbedaan tangan kanan dan kiri karena masing-masing memiliki fungsi yang sama. Hanya saja ketika kita lebih cenderung menggunakan tangan kanan maka bagian otak kirilah yang paling kuat perkembangannya. Dan otak kanan tidak tidak begitu terasah, dengan itu kita harus melakukan/memberikan pelatihan, seperti :
  1. Menyentuh pipi secara pergantian dengan menggunakan tangan kanan dan kiri.

  2. Menggunakan 2 jari telunjuk dan jari tengah dalam gerakan yang sama dan terarah.

  3. Tidak selalu menulis dengan tangan kanan, dan sama sekali tidak memberikan latihan pada tangan kiri untuk beraktifitas.

  4. Menggerakkan seluruh anggota tubuh baik pada bagian kanan, maupun pada bagian kiri akan terasa mudah apabila itu dilakukan dalam konteks berolah raga.

  5. Menggerakkan ke-2 bagian tubuh kita dnegan sama baiknya.




Terima kasih banyak atas kunjungan teman-teman Blogger ke blog saya yang sederhana ini. Selamat membaca dan jangan lupa untuk berkomentar dibawah ini.
Dukung Artikel Blog ini dengan cara klik icon disamping ini >> Dukungan

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Kok bisa tangan kiri lbh byk kuman? Teori dan analisisnya gmn?

Unknown mengatakan...

Dari artikel yang pernah saya baca ternyata sebenarnya otak kiri lah yang mengendalikan hampir seluruh tubuh dan artikel Anda Pasti dari teori Roger W Sperry pada tahun 1960. Dari artikel yang penah saya baca: pada tahun 1990-an telah ditemukan mesin yang cukup hebat karena bensin ini dapat mengetahui sel di otak dan kalau tidak salah pergerakan sel di otak juga, ternyata 80% teori Roger salah dan 20% benar. Berabad-abad teori Roger ini sudah di pertahankan.
Intinya dari artikel yang pernah Saya baca adalah bagaimana caranya kita menggunakan otak kita untuk bekerja sama, contohnya otak kanan menciptakan suatu alat tetapi bagaimana supaya alat ini bisa dimanfaatkan dengan baik, dan apa bisa diterima oleh masyarakat, otak kiri berfikir kemudian mencoba untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Saya mohon maaf jika dari ketikan ini kurang baik atau menyinggung.
Terima kasih

Unknown mengatakan...

Maaf Saya juga tersinggung karena saya juga pengguna tangan kiri, mungkin artikel ini penjelasannya tidak dicerna dulu mungkin itu tentang kesehatan bukan berhubungan dengan otak. Dann... Kenapa tangan kiri lebih banyak kumannya? Mungkin menurut Saya di Inggris pengguna tangan kanan lebih banyak di gunakan untuk menulis-makan, dan tangan kiri digunakan untuk cebok
Wkwkwk ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚.
Jadi saya tersinggung coba teliti tangan saya mungkin hasilnya terbalik ๐Ÿ˜๐Ÿ˜
✌✌

HatiYangAmbyar.blogspot.com mengatakan...

Hadeh hadeh

Posting Komentar

 
+1