Aries Club17 Official Website | Blogger Members area : Register | Sign in

Tahukah Kamu

Tangan Kanan dan Tangan Kiri

Minggu, 18 Oktober 2009

Share to :
+1



Tangan kanan mempunyai kelebihan bagi pencernaan karena salah seorang peneliti di inggris membandingkan tangan kiri dan kanan. Dan hasilnya ternyata tangan kiri lebih banyak kuman yang merugikan. Dan sebaliknya tangan kanan didiami bakteri yang berguna bagi pencernaan tubuh kita. Maka Nabi kita Muhammad SAW mengatakan “makanlah dengan menggunakan tangan kanan.”

Sebuah penelitian menyatakan bahwa otak manusia terdiri atas 2 belahan otak, yaitu belahan tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda. Walau demikian setiap orang memiliki kecenderungan dominan pada salah satu otak tersebut. Maka kondisi itu menyebabkan fungsi belahan otak yang lainnya menjadi lemah, yang menyebabkan kemampuan berfikir menjadi berkurang.

Otak bagian kiri mengatur pergerakan dominan dari bagian kanan tubuh. Dan otak bagian kanan mengatur pergerakan dominan dari bagian kiri tubuh. Orang yang dominan otak sebelah kiri (tangan kanan) memiliki kemampuan berhitung (numerik), nalar sistematis yang lebih bagus dan dapat melihat suatu masalah, biasanya menganalisa masalah secara mendalam dan terperinci. Sedangkan orang yang dominan otak sebelah kanan (tangan kiri) memiliki kemampuan abstrak yang lebih bagus, penguasaan seni dan bahasa, ekspresif perasaan yang baik dan biasanya lebih kreatif karena bisa menggunakan ke 2 tangan secara aktif (kalau orang kidal biasanya dari kecil di latih juga menggunakan tangan kanan).

Cara berfikir otak kiri (tangan kanan) bersifat logis, linier/searah, rasional, sistematis dan detail. Sedangkan cara berfikir otak kanan (tangan kiri) bersifat acak, tidak teratur, intuitif, dan menyeluruh.

Fungsi tangan kanan dan kiri :
Tangan kanan dan kiri berperan aktif pada otak kanan dan kiri pada anak, dimana pada otak kiri merangsang perkembangan otak kanan, begitu sebaliknya otak kanan merangsang otak kiri,. Dan peranan otak kiri maupun otak kanan sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan anak.


Kelebihan tangan kanan dan kiri :
Sebenarnya tidak ada kelebihan/perbedaan tangan kanan dan kiri karena masing-masing memiliki fungsi yang sama. Hanya saja ketika kita lebih cenderung menggunakan tangan kanan maka bagian otak kirilah yang paling kuat perkembangannya. Dan otak kanan tidak tidak begitu terasah, dengan itu kita harus melakukan/memberikan pelatihan, seperti :
  1. Menyentuh pipi secara pergantian dengan menggunakan tangan kanan dan kiri.

  2. Menggunakan 2 jari telunjuk dan jari tengah dalam gerakan yang sama dan terarah.

  3. Tidak selalu menulis dengan tangan kanan, dan sama sekali tidak memberikan latihan pada tangan kiri untuk beraktifitas.

  4. Menggerakkan seluruh anggota tubuh baik pada bagian kanan, maupun pada bagian kiri akan terasa mudah apabila itu dilakukan dalam konteks berolah raga.

  5. Menggerakkan ke-2 bagian tubuh kita dnegan sama baiknya.




Terima kasih banyak atas kunjungan teman-teman Blogger ke blog saya yang sederhana ini. Selamat membaca dan jangan lupa untuk berkomentar dibawah ini.
Dukung Artikel Blog ini dengan cara klik icon disamping ini >> Dukungan

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kok bisa tangan kiri lbh byk kuman? Teori dan analisisnya gmn?

Posting Komentar

 
+1