Aries Club17 Official Website | Blogger Members area : Register | Sign in

Tahukah Kamu

Persiapan Sebelum Mudik Lebaran [dari berbagai sumber]

Selasa, 07 September 2010

Share to :
+1
Ilustrasi mudik (wordpress.com)

VIVAnews - Tidak afdal rasanya bila merayakan Lebaran tidak di kampung halaman. Tak heran bila akhirnya tradisi mudik sangat lekat di Indonesia.

Jutaan orang rela "bermacet ria" supaya bisa berkumpul sanak saudara di hari yang fitri itu. Atau, mereka rela berdesak-desakan untuk mendapatkan tiket mudik bagi mereka yang menggunakan kereta api, pesawat, maupun kapal laut.

Karena itu, perjalanan mudik yang cukup melelahkan harus dipersiapkan dengan baik. Berikut tips berkendara aman ala Honda Indonesia, bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi saat mudik nanti:

Kesiapan kondisi tubuhSaat menempuh perjalanan jauh yang membutuhkan konsentrasi dan ketahanan, kondisi tubuh menjadi hal yang sangat vital. Pastikan bahwa sebelum mudik Anda dan keluarga dalam keadaan fit.
Bila perlu, Anda dan keluarga bisa memeriksakan kesehatan terlebih dulu sebelum berangkat. Jangan lupa siapkan obat-obat yang sifatnya umum seperti obat sakit kepala, flu, pilek, dan perut kembung.

Periksa kelayakan dan kelengkapan kendaraanPersiapan matang sebelum berangkat adalah kunci utama agar terhindar dari insiden yang tidak perlu. Cek kondisi kendaraan yang sifatnya vital, seperti oli mesin, tekanan ban, minyak rem, air radiator, wiper fluid, dan lampu.

Jangan lupa juga mengecek oli transmisi bila Anda menggunakan kendaraan transmisi otomatis. Siapkan perlengkapan seperti surat-surat, segitiga pengaman, kotak P3K, tool kit, ban cadangan, dan oli cadangan.

Atur barang bawaanSaat melakukan perjalanan mudik, biasanya banyak barang yang hendak dibawa, tapi ingat jangan sepelekan kapasitas bagasi kendaraan Anda.

Bila terpaksa Anda harus membawa barang yang banyak, lebih baik Anda membagi barang bawaan dalam beberapa tas kecil. Jangan memakai koper besar yang hanya akan memakan tempat. 

Susun barang bawaan Anda agar terkuci satu sama lain. Susunan barang jangan sampai mengganggu jangkauan pandangan pengemudi. Jangan lupa, letakkan barang yang sering dipakai pada bagian yang paling mudah diambil.

Aman dan nyaman di jalanSaat berkendara menempuh jalan jauh, Anda bisa saja merasa bosan. Tetap selalu gunakan sabuk keselamatan. Patuhi peraturan lalu lintas dan selalu memperhatikan indikator pada panel instrumen kendaraan. Bila Anda mengantuk, menepilah.

Bagi Anda yang membawa anak kecil, jangan lupa membawa mainan kesukaan anak, sehingga konsentrasi Anda tidak terganggu oleh rengekan kebosanan anak.

Bila mogok di jalan
Bila mobil Anda mogok atau ban kempis di tengah jalan, jangan panik. Sebelum memutuskan berhenti, pelajari dulu kondisi sekitar, pastikan tempat tersebut aman.

Hidupkan lampu hazard dan pasang segitiga pengaman untuk menghindari terjadinya tabrakan dari arah belakang. Cek kondisi kendaraan yang cermat dan hubungi nomor darurat atau bengkel cari bengkel terdekat bila Anda tidak dapat mengatasi masalah.
Selamat merayakan Lebaran di kampung halaman.
 
diambil dari Viva News.com




JAKARTA, TRIBUN-TIMUR.COM - Mudik adalah salah suatu 'ritual' yang sangat ditunggu-tunggu bagi warga perantauan ketika liburan panjang atau menjelang hari raya. Namun, dibalik kegembiraan akan temu kangen bersama sanak saudara di kampung, timbul kekhawatiran soal rumah yang ditinggal. Tidak sedikit rumah warga yang ditinggal mudik dimasuki oleh maling.


Untuk mencegah hal tersebut, simak tips berikut yang dilansir dari Humas Polda Metro Jaya:

1. Hindari hal-hal yang dapat menunjukan bahwa rumah Anda kosong. Hal ini agar tidak menarik perhatian si pencuri. Tindakan tersebut misalnya dengan meminta kepada agen koran untuk tidak mengirimkan koran selama Anda pergi, menggunakan lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri setelah di-setting terlebih dahulu. Selain itu cara lainnya adalah dengan meletakkan sandal/sepatu di depan pintu rumah.

2. Jangan biarkan barang-barang berharga seperti uang cash dan perhiasan diletakkan di lemari rumah. Sebaiknya uang dan perhiasan disimpan di bank agar lebih aman.

3. Pastikan semua pintu dan jendela terkunci sebelum meninggalkan rumah.

4. Matikan semua listrik yang tidak digunakan, PAM, dan cabut selang gas serta kompor untuk menghindari arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran.

5. Titipkan rumah ke tetangga yang tidak mudik atau informasikan kepada petugas keamanan di lingkungan rumah.

6. Pasang alarm untuk mencegah masuknya pencuri ke rumah kita.

7. Jika perlu, pasang kamera tersembunyi di titik tertentu seperti kamar tidur dan ruang keluarga selama Anda bepergian.(*)

diambil dari Tribun Timur.com



JAKARTA (DP) — Dua pekan lagi hari raya Idul Fitri 2010 tiba. Salah satu tradisinya adalah mudik atau pulang kampung. Menurut data Kementerian Perhubungan, diperkirakan tahun ini 1,3 juta mobil dan 3,6 juta sepeda motor dijadikan alat transportasi mudik.

Bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, persiapkan dengan baik mobil Anda sebelum melakukan perjalanan jauh. Berikut beberapa langkah persiapan sebelum mudik yang harus dilakukan:
1. Minggu-minggu ini merupakan waktu yang tepat untuk membawa mobil Anda ke bengkel. Usahakan ke bengkel resmi atau bengkel independen yang sudah Anda kenal seperti halnya perawatan berkala. Jika Anda tidak sempat menggiring mobil ke bengkel, pemeriksaan bisa dilakukan sendiri secara visual. Buka kap mesin periksa seluruh bagian, apakah ada kebocoran, kondisi lampu, ketinggian minyak rem dan air serta ketegangan van belt. Selanjutnya periksa kondisi empat roda, dilanjutkan ke bagian kemudi dengan memeriksa fungsi kontrol lampu, lampu hazard, fungsi pedal-pedal dan wiper. Jika ditemukan permasalahan disarankan untuk dibawa ke bengkel.
2.  Sebelum berangkat periksa kelengkapan surat-surat seperti STNK serta SIM. Usahakan buku servis selalu ada di dalam mobil. Dan yang terpenting lainnya adalah bawalah peta mudik terkini.
3. Usahakan membawa spare parts cadangan seperti sekring dan lampu. Persiapkan segitiga pengaman, tool kits, dongkrak, kunci roda, lampu senter serta kotak P3k. Jangan lupa juga lakukan pengecekan kondisi ban cadangan serta membawa pengukur tekanan angin.
4. Saat menempuh perjalanan jauh yang membutuhkan konsentrasi dan ketahanan, kondisi tubuh menjadi hal yang sangat vital. Pastikan bahwa sebelum mudik Anda dan keluarga dalam keadaan sehat dan bugar. Bila perlu, Anda dan keluarga bisa memeriksakan kesehatan ke dokter lebih dulu sebelum berangkat. Siapkan obat-obat yang sifatnya umum seperti obat sakit kepala, flu  dan perut kembung.

diambil dari Dapur Pacu.com
Terima kasih banyak atas kunjungan teman-teman Blogger ke blog saya yang sederhana ini. Selamat membaca dan jangan lupa untuk berkomentar dibawah ini.
Dukung Artikel Blog ini dengan cara klik icon disamping ini >> Dukungan

0 komentar:

Posting Komentar

 
+1