Aries Club17 Official Website | Blogger Members area : Register | Sign in

Tahukah Kamu

Tahukah Kamu, Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda Masuk 50 Besar Bahasa Terbanyak Digunakan di Dunia

Rabu, 03 Agustus 2011

Share to :
+1

Tahukah teman-teman bahwa bahasa sebagai media komunikasi kita antara satu dengan yang lainnya di seluruh dunia sampai dengan saat ini sulit dihitung jumlahnya. Tidak ada yang dapat memberikan angka yang pasti. Ensiklopedia Britannica pada edisi ke-11 tahun 1911 memperkirakan ada sekitar 1.000 bahasa yang dibicarakan di seluruh dunia. Kenyataan sampai dengan abad ke-21 saat ini, jumlahnya terus bertambah. Bukan berarti bahwa dari tahun ke tahun jumlah bahasanya bertambah, akan tetapi banyak jenis bahasa yang tidak masuk dalam hitungan sebelumnya.

Upaya mendokumentasi jenis bahasa kebanyakan dirintis oleh organisasi misionaris dunia, seperti Summer Institute of Linguistics, dengan maksud melakukan penterjemahan Injil ke bahasa lokal. Pada tahun 1997, tercatat ada 2.197 terjemahan Injil ke bahasa lokal. Itupun masih juga dirasakan tidak menggambarkan jumlah bahasa yang ada saat itu. Saat ini mungkin katalog bahasa terlengkap adalah katalog yang dikeluarkan oleh Organisasi Ethnologue. Dalam edisi ke-16 versi elektronis Ethnologue : Languages of the World, ada setidaknya 6.909 bahasa yang masih dibicarakan saat ini.


Asia tercatat memiliki ragam bahasa terbanyak yakni 2.322 bahasa. Apabila dihitung jumlah pengguna bahasa sebagai bahasa yang digunakan sehari-hari, Bahasa Jawa menduduki posisi ke-11 bahasa yang terbanyak digunakan dengan jumlah penutur sekitar 84,6 juta orang. Bahasa Sunda menduduki posisi ke-31 dengan jumlah penutur sekitar 34 juta orang. Bahasa Indonesia sendiri menduduki posisi ke-41 dengan jumlah 23,2 juta orang (menurut sensus tahun 2000). Jumlah yang terdata ini bisa menjadi perdebatan, tetapi data inilah yang tercatat dalam Ethnologue.

Mudah-mudahan bahasa-bahasa yang beragam di Indonesia tetap lestari sesuai dengan motto negara kita "Bhinneka Tunggal Ika" (Unity in Diversity). Ethnologue juga mencatat ada setidaknya 473 bahasa yang terancam punah karena semakin sedikit digunakan dan tercatat salah satunya adalah bahasa isyarat Bengkala yang terdapat di desa Bengkala, Bali. Tercatat hanya tinggal 50 orang saja yang menggunakannya. Bahasa Isyarat Bengkala menurut Ethnologue adalah bahasa isyarat yang digunakan oleh para tuna rungu yang berdiam di desa tersebut. 

Sumber : Ethnologue dan Linguistic Society of America.
Terima kasih banyak atas kunjungan teman-teman Blogger ke blog saya yang sederhana ini. Selamat membaca dan jangan lupa untuk berkomentar dibawah ini.
Dukung Artikel Blog ini dengan cara klik icon disamping ini >> Dukungan

0 komentar:

Posting Komentar

 
+1