Info Jatim Official Website | Blogger Members area : Register | Sign in

Tahukah Kamu

Trik Menyembunyikan Local Drive dengan gpedit.msc

Selasa, 03 November 2009

Share to :
+1
Orang/user akan curiga apabila ada drive tertentu pada komputer kita yang tidak dapat diakses. Ini akan membuatnya semakin penasaran yang kemudian mungkin akan menanyakan kepada kita tentang isi di dalam drive tersebut dan kalau sudah begitu dia akan meminta Password atau menanyakan cara membuka/mengaksesnya. Kalau sudah begini, kita menjadi serba salah. Di satu sisi, jika diberitahu, data/file penting/rahasia tersebut akan tersebar, di sisi yang lain, jika tidak diberitahu, dia akan berprasangka macam-macam.

Pada Trik kali ini, kita akan membuat drive tertentu pada komputer tidak terlihat sama sekali oleh orang/user lain. Dengan melakukan Trik ini kita akan terbebas dari prasangka/pertanyaan macam-macam orang/user lain. Dan saya yakin banyak dari sobat blogger yang belum mengetahuinya.

Untuk menyembunyikan Local Drive ini kita akan menggunakan GROUP POLICY EDITOR (GPEDIT).

Langkah pertama, buka gpedit.msc yaitu masuk ke Start > Run > kemudian ketik gpedit.msc kemudian enter atau OK, tunggu beberapa saat sehingga muncul gambar di bawah ini.




Kemudian klik User Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Explorer dan akan muncul seperti gambar di bawah ini.




Pada sisi sebelah kanan, klik double pada Hide these specified drives in my computer dan akan muncul seperti gambar di bawah ini.




Pada dialox box (seperti di atas), Klik/pilih Enabled kemudian pilih salah satu option dibawah menu Pick one of the following combinations. Option yang ditawarkan adalah sebagai berikut.
  1. Restrict A and B drives only ==> membatasi/menyembunyikan drive A dan B saja
  2. Restrict C drive only ==> membatasi/menyembunyikan drive C saja
  3. Restrict D drive only ==> membatasi/menyembunyikan drive D saja
  4. Restric A,B,C drives only ==> membatasi/menyembunyikan drive A,B,C saja
  5. Restrict A,B,C.D drives only ==> membatasi/menyembunyikan drive A,B,C,D saja
  6. Restrict all drives ==> membatasi/menyembunyikan semua drive
  7. Do Not restrict all drives ==> Tidak Membatasi/menyembunyikan semua drive.

Pilih salah satu option yang Anda inginkan pada menu dropdown tersebut. Setelah itu klik OK kemudian tutup Group Policy Editor. Sekarang coba Anda Klik drive yang telah kita sembunyikan tersebut.

Sayangnya kita hanya bisa memilih drive hingga letter D saja. Sehingga apabila Anda ingin menyembunyikan untuk drive E dan seterusnya maka Anda terpaksa harus memilih Restrict all drives. Atau bisa juga pindahkan data penting Anda ke drive C atau D.

Sebagai contoh, saya memilih option Restrict D drive only dan apabila saya membuka Windows Explorer maka drive D tidak kelihatan lagi. Gambar di bawah sebelah kiri adalah tampilan Windows Explorer sebelum disetting dan gambar di bawah sebelah kanan adalah tampilan sesudah disetting.



Selamat Mencoba
Terima kasih banyak atas kunjungan teman-teman Blogger ke blog saya yang sederhana ini. Selamat membaca dan jangan lupa untuk berkomentar dibawah ini.
Dukung Artikel Blog ini dengan cara klik icon disamping ini >> Dukungan

3 komentar:

tommacho mengatakan...

tapi kalo ketik gpedit.msc di run ngga bisa gimana caranya? mksh

infojatim.web.id mengatakan...

kalau tidak bisa.. kamu bisa masuk ke C:\WINDOWS\system32\gpedit.msc

kalau sudah ketemu kamu klik dua kali.. :ok

:B)

Anonim mengatakan...

kl cmd nya kena blok???

Posting Komentar

 
+1